Iklan

Popular Post

Written By Unknown on Saturday, October 18, 2014 | 10:04 PM

Ilmuwan Cilik – Pada eksperimen kali ini kita akan membuat hovercraft, tahukah kalian apakah hovercraft itu? arti dalam bahasa inggris hover=melayang, craft =kendaraan atau kapal. Jadi hovercraft adalah Kapal bantalan udara (Inggris: “kapal melayang”) yaitu suatu kendaraan yang berjalan di atas bantalan udara (air cushion).



Bantalan udara tersebut ditimbulkan dengan cara meniupkan udara ke ruang bawah kapal ini (plenum chamber) melalui skirt (sekat yang lentur) sehingga tekanan udara di dalam plenum chamber lebih tinggi daripada tekanan udara luar sehingga timbul gaya angkat. Kita akan membuat eksperimennya hanya dengan menggunakan balon dan cd (compact disc) bekas dan ilmuwan cilik akan memiliki sendiri kendaraan hovercraft tersebut. mudah bukan bahan-bahannya? yuk kita simak cara membuatnya dengan melihat video eksperimen berikut ini :


Ilmuwan cilik, bagaimana hal tersebut bisa terjadi ? Untuk menggerakkan kapal yang terbuat dari cd bantalan udara, digunakan gaya dorong yang diperoleh dari udara yang berhembus keluar dari balon. Gaya angkat yang ditimbulkan pada eksperimen ini bekerja pada penampang cd yang rata, sehingga tekanan terhadap tanah atau pijakan tempat dimana cd berada (ground pressure) yang ditimbulkan tidak besar. Dengan demikian, kendaraan cd hovercraft ini dapat berjalan di permukaan seperti melayang, dalam keadaan sebenarnya, kendaraan hovercraft mampu berjalan diatas air maupun daratan dengan membawa beban yang cukup berat. Karena tidak adanya kontak langsung antara hovercraft dan permukaan daratan atau air,  maka hambatan yang terjadi kecil sehingga hovercraft dapat melaju  dengan kecepatan tinggi. Salam ilmuwan cilik.

(sumber: ilmuwancilik.com)

0 comments:

Post a Comment

Ilmuwan Cilik© 2014. All Rights Reserved. Template By Seocips.com
SEOCIPS Areasatu Adasenze Tempate Tipeex.com