Iklan

Popular Post

Written By Unknown on Saturday, October 18, 2014 | 10:23 PM

Bermain dengan Bayangan. Bayangan dari sebuah benda dapat digunakan untuk mengembangkan daya imajinasi dan kreasi serta mengembangkan kemampuan eksplorasi dan mencoba. Pernahkah kalian membuat gambar bayangan burung elang yang terbang tinggi mengepakkan sayapnya hanya dengan bayangan dari tangan kita?


Bagi anak apapun dapat dijadikan area bermain, dimanapun dan kapanpun.  Mereka senang bereksplorasi, mencoba sesuatu. Bahkan saat lampu mati. Mereka dapat bermain dengan bayangan. Sebagai orangtua kita dapat bermain bersamanya sambil mengembangkan daya imanjinasi dan kreasi.
Apa yang dapat kita lakukan dengan bayangan. Kita dapat bermain peran, bermain dengan bayangan . Bayangan dari cahaya lampu senter ataupun cahaya lilin. Bercerita dengan alat bantu mainan, buah dan jari . Dengan jari kita dapat membuat beberapa bentuk bayangan. Kita dapat mengembangkan imajinasi anak serta menanamkan nilai dan konsep kehidupan.

Selain saat mati lampu kitapun dapat bermain bayangan dengan sorot sinar matahari. Hal ini dapat dilakukan saat pagi maupun sore hari. Kita dapat menjelaskan apa itu bayangan sambil mempraktekannya dan bermain.

Bayangan adalah cahaya/sinar yang terhalang oleh benda, daerah yang tidak terkena sinar. Bila matahari ada di sebelah barat maka bayangan timbul disebelah timur . Pada pagi hari bayang-bayang yang terbentuk lebih panjang dari ukuran benda asli dan berada di sebelah barat benda. Begitupun pada sore hari bayang-bayang lebih panjang dan berada di sebelah timur benda.

Kita dapat bermain sambil mengukur dan membentuk bayangan yang terbentuk serta bermain kejar bayangan siapa yang menginjak bayangan orang lain dia yang menang. Dengan bayangan yang dihasilkan dari sinar lampu di ruangan melalui obyek tangan kita, kita juga dapat bermain dengan bayangan menjadi sebuah imajinasi atau cerita yang luar biasa. Bayangan tangan dengan kreatifitas sudut dan arah yang tepat serta kombinasi jari-jari yang dibentuk sedemikian rupa dapat menjadi area bermain yang mudah, murah dan menyenangkan. Ilmuwan cilik, yuk kita coba bermain dengan bayangan.

(sumber : ilmuwancilik.com)

0 comments:

Post a Comment

Ilmuwan Cilik© 2014. All Rights Reserved. Template By Seocips.com
SEOCIPS Areasatu Adasenze Tempate Tipeex.com